Label

Sabtu, 24 September 2011

Mencoba menyeimbangkan semuanya

Subhanallah..
Awal kuliah semester ini sungguh luar biasa. Kurikulum baru dari kampus membuat waktu seakan benar-benar padat. Emang sih mantap kalo boleh saya puji, Sistem SCL (Student Centered Learning) membuat semua kegiatan belajar dikelas banyak diisi oleh mahasiswa. Mulai dari presentasi, diskusi sampai berbagi ilmu. belum lagi tugas-tugasnya, beeeeuuuhhh... dari resume sebelum perkuliahan hingga catatan diakhir perkuliahan.

Eh iya, sekarang sudah nggak ada lagi UTS dan UAS, semua penilaian diambil dari awal perkuliahan. Nanti tiap beberapa kajian (kalo dulu namanya Bab) ada assessment alian pengujian. Katanya sih itu ntar satu-satu diuji sama dosen (emang waktunya cukup ya??). Ada lagi yang asyik, kalo sebelum semua kajian selesai tapi ada mahasiswa berani mengajukan test untuk semua kajian trus memenuhi 3 kompetensi (Dasar, Menengah dan Mahir) ntar langsung jadi Asisten Dosen. Ga dapet gaji sih (mendingan jadi asprak donk, hehe), tapi dapet TAK (keren nih buat TAK Hunter). Bukan cuma itu, nilai kuliah sudah dijamin A lho, mantapp gann..

Ada lagi nih yang mantapp,, absensi ga manual lagi pake tanda tangan segala. Semua serba otomatis pake kartu RFID. pada tau nggak itu apaan? Cari google aja yah, hehe.. Intinya tinggal pake kartu, deketin ke kotak kecil deket dosen sampe bunyi "beep beep", nah brarti udah ke absen tu. Keren kan kampus saya.. hahaha..

Tapi diluar semua kekerenan dan perubahan kampus itu, yang paling penting adalah perubahan pola belajar mahasiswa yang ada dikampus ini. Buat yang biasanya suka pake SKS (Sistem Kebut Semalaman, ato malahan Sistem Kebut Sejam) kalo mau UTS ato UAS, wah bisa berabe tuhh.. Kan udah ga ada UTS sama UAS, mau dapet nilai dari mana coba kalo ga dari awal kuliah aktif trus belajar. Seharusnya kurikulum baru, dan segala fasilitas yang baru diberikan oleh kampus ini benar-benar bisa bermanfaat buat kita. Harus mulai merubah pola belajar, daripada ntar menyesal karena diakhir kita ga bisa lagimengandalkan nilai ujian.

Soo, semangat buat semuanya perubahan diluar takkan berarti kalau dari dalam diri kita sendiri tidak berubah. Fasilitas yang seharusnya memudahkan malah jadi percuma kalau kita tetep malas dan nggak memanfaatkan dengan sebaik-baiknya..
Ingat..
Perubahan bukan hanya terjadi karena ada perubahan diluarnya..
tetapi karena ada perubahan dari dalam diri kita..
Semangatlahh, Semangaatlaaahh.. (pake gaya bang Napi)

======= abid tommy,22 Sept 2011, 15.14 ====

Tidak ada komentar:

Posting Komentar